News

Tinjau Layanan Fast Track Makkah Route di Bandara Solo, Ma’ruf Amin: Jaga Kesehatan

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau layanan fast track Makkah Route bagi calon jemaah haji di Bandara Adi Soemarmo Solo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jum’at (31/5/2024).

Dalam peresmian ini, Wapres Ma’ruf didampingi Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas; Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana; Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden Terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka; serta Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan.

Layanan fast track merupakan fasilitas pre-clearance, atau layanan pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Lokasinya berada di Terminal Embarkasi Haji Solo, Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Dalam kesempatan itu,Wapres Ma’ruf sempat berdialog dengan para calon jemaah haji yang masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 70. “Cepat tidak (layanan)? Kita diperiksa di sini, nanti biar di Jeddah bisa langsung. Terima kasih ya, terima kasih sama ini (Imigrasi Pemerintah Arab),” ucap Wapres Ma’ruf dikutip dari Inilahjateng.com.

Makkah Route diterapkan untuk mempersingkat proses pemeriksaan keimigrasian yang biasa dilakukan di Bandara Jeddah. Pada momen itu, Ma’ruf mendoakan para calon jemaah haji bisa lancar beribadah, dan menjadi haji mabrur. Dia juga berpesan agar para calon jemaah haji itu menjaga kesehatan.

Selain itu, Ma’ruf menyampaikan ucapan selamat berhaji kepada para calon jemaah haji dan mendoakan menjadi haji yang mabrur. Tak lupa Ma’ruf berpesan agar mereka menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. “Selamat berhaji, semoga menjadi haji yang mabrur. Jaga kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu calon jemaah haji, Heri Kuswarti asal Kabupaten Kudus, mengaku senang dengan kedatangan Wakil Presiden RI menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci. 
“Seneng sekali ada Pak Wakil Presiden hari ini,” ungkapnya.

Menurutnya, proses pemeriksaan dokumen haji yang dilayani dengan fast track tersebut tidak memakan waktu lama.  “Pelayanan bagus, bagus. Tadi selesai tidak ada satu jam,” tandasnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button