Gallery

Rentan Terserang Flu, Orang Berusia 60 Tahun jadi Prioritas Vaksin Influenza

Salah satu kelompok yang rentan terhadap influenza adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas. Lantas, kapan saat yang tempat orang dengan usia 60 tahun ke atas mendapatkan vaksin influenza?

Hal tersebut karena kelompok usia itu mengalami penurunan kekebalan tubuh. Karena itu, kelompok lansia tersebut masuk dalam prioritas mendapatkan vaksin influenza.

Secara global dari rata-rata 389,000 kematian setiap tahun akibat Infeksi saluran nafas terkait influenza, 67 persen terjadi pada lansia.

Flu pada lansia dapat menyebabkan komplikasi yang memperberat penyakit kronik degeneratif atau komorbid lain yang sudah dideritanya.

Selain itu, tingginya angka kematian lansia akibat flu juga disebabkan oleh menurunnya sistem imun yang dapat memperparah dampak infeksi penyakit flu.

Menurut Ketua Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Prof. DR. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI., anjuran pada usia 60 tahun itu lebih cepat lima tahun dibandingkan usia rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendapatkan vaksin influenza yaitu pada 65 tahun.

“Vaksin flu memiliki efektivitas yang tinggi, di mana vaksin flu dapat meningkatkan kemungkinan pulih apabila kelompok berisiko tinggi tertular penyakit flu. Bagi kelompok berisiko tinggi, vaksinasi dapat dilakukan ketika pasien dalam kondisi yang stabil,” papar Samsuridjal, saat temu media virtual, Jakarta, Jumat, (19/11/2021).

Jika penyakit komorbid sedang kambuh, vaksinasi sebaiknya dilakukan ketika kondisi pasien sudah pulih.

“Selebihnya, tidak ada syarat khusus bagi kelompok berisiko tinggi untuk melakukan vaksinasi influenza, kecuali jika mereka memiliki alergi terhadap bahan-bahan vaksin tersebut,” tambahnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Mia Umi Kartikawati

Redaktur, traveller, penikmat senja, musik, film, a jurnalist, content creator enthusiast, food lovers, a mom who really love kids. Terus belajar untuk berbagi dan bersyukur dalam jalani hidup agar bisa mendapat berkah.
Back to top button