Market

Genjot Daya Saing Produk Hilirisasi dan Ekspor, Kemendag Kuatkan Diplomasi Perdagangan

Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag), Suhanto mengatakan, Kemendag berkomitmen melakukan penguatan diplomasi perdagangan untuk meningkatkan daya saing hilirisasi dan transformasi struktur ekspor.

“Penguatan pengembangan produk dan pasar ekspor serta membuat sistem informasi ekspor yang terintegrasi,” kata Suhanto saat Raker Kemendag 2024 di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2024).

Kemendag, kata Suhanto, berencana melakukan ekspansi global perdagangan melalui sistem elektronik, substitusi impor bahan baku yang mendukung transformasi ekspor dan transformasi sistem perdagangan antar wilayah.

“Kemendag melakukan transformasi pada sistem perlindungan konsumen dan pemberdayaan konsumen, integrasi sistem pelayanan perdagangan berbasis elektronik serta digitalisasi dan otomatisasi pelayanan sumber daya manusia di Kemendag,” kata Suhanto.

Kemendag, kata dia, memastikan turunnya nilai ekspor Indonesia pada Januari 2024, bukan karena prigram hilirisasi. Wamendag Jerry Sambuaga, mengatakan, penurunan ekspor dipicu tren harga komoditas yang turun. 
“Naik turunlah, namanya fluktuasi itu wajar. Nah, justru di situlah kita menggenjot hilirisasi,” kata Jerry saat Raker Kemendag di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (20/2/2024).

Jerry menjelaskan, hilirisasi sebuah proses dan melewati berbagai tahapan yang membutuhkan kerja semua pihak. Dia pun berkeyakinan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi sudah tepat meletakkan hilirisasi sebagai prioritas. “Justru itulah yang sekarang kita harus yakinkan juga kita harus pastikan kepada publik hilirisasi ini memang jalan,” kata politikus Partai Golkar itu.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button