Market

Garap Energi Berkelanjutan di IKN, DPR Apresiasi Pertamina Gandeng Bakrie Grup

Anggota Komisi VII DPR, Sartono Hutomo mengapresiasi rencana PT Pertamina (Persero) menggandeng Bakrie Grup dalam membangun sustainability hub dan International Institute of Sustainability indonesia (IISI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kata Sartono, keduanya bakal merupakan pusat inovasi dan riset berkelanjutan yang menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Kerja sama ini, merupakan bagian dari upaya Pertamina untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) sektor sustainability

“Berbagai upaya itu, adalah contoh nyata bagaimana perusahaan besar bisa mengambil peran proaktif dalam menghadapi tantangan global terkait perubahan iklim yang sedang kita alami,” kata Sartono, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Sartono menilai, langkah Pertamina layak dijadikan acuan atau benchmark bagi BUMN atau perusahaan besar lain. Alasannya, BUMN migas ini, telah memiliki program Pertamina Sustainability Academy (PSA).

“Ini diharapkan menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk mengembangkan inisiatif serupa. Sehingga terjadi percepatan Net Zero Emission (NZE) serta mendorong inovasi dan investasi energi bersih. Saya kira, Pertamina layak diapresiasi,” kata dia.

Politikus Partai Demokrat ini, menambahkan, upaya Pertamina dalam membangun SDM di bidang energi berkelanjutan, merupakan langkah yang sangat positif dan strategis.

Upaya tersebut, lanjutnya, diharapkan menjadi pusat pengembangan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang energi berkelanjutan.

Dirinya sepakat, Pertamina sangat serius dalam menyiapkan SDM yang mumpuni di sektor energi berkelanjutan. Alasan utamanya, transisi energi menuju NZE membutuhkan keahlian khusus dan pemahaman mendalam tentang teknologi dan praktik terbaik dalam energi bersih.

“Terpenting, harus dari putra-putri terbaik bangsa. Dengan pelatihan yang memadai, SDM tersebut akan mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengelola proyek-proyek energi berkelanjutan yang efektif dan efisien,” tuturnya.

Upaya Pertamina tersebut, jelas Sartono, mencerminkan komitmen kuat dan  keseriusan Pertamina dalam mencetak SDM unggul yang akan menjadi pilar utama dalam percepatan tercapainya target NZE.

“Ini bukan hanya inisiatif sementara, tetapi sebuah strategi jangka panjang yang terintegrasi dalam visi dan misi perusahaan,” kata dia.

Terkait kerja sama antara Pertamina dan Bakrie Grup, pekan ini Presiden Joko Widodo  dijadwalkan melakukan groundbreaking proyek tersebut. Peletakan batu pertama infrastruktur riset sustainability itu, akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button