News

Awan Berbentuk Gelombang Tsunami di Madura adalah Jenis Arcus

Sejumlah warga serta pengunjung Pantai Talang Siring, Pamekasan, Madura, Jawa Timur dihebohkan dengan penampakan awan di atas laut yang berbentuk gelombang tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa awan tersebut merupakan jenis arcus dan bukan merupakan pertanda sebuah bencana. Namun bisa dimungkinkan menimbulkan cuaca buruk seperti hujan deras serta angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto menegaskan fenomena awan arcus tidak ada kaitannya dengan fenomena tsunami. Karena tsunami terjadi karena dipicu oleh gempa bumi.

“Awan arcus adalah formasi awan horizontal rendah yang biasanya muncul di dalam bagian dari awan cumulonimbus,” katanya, Kamis (18/11/2021).

Menurutnya, awan tersebut muncul dipicu karena ketidakstabilan atmosfer saat terjadi pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan lebih hangat serta lembab. Sehingga membentuk pola horizontal yang memanjang seperti gelombang .
Sebelumnya fenomena awan berbentuk gelombang tsunami beredar dalam video yang tersebar di media sosial. Sejumlah warga pun mempertanyakan fenomena tersebut.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Anton Hartono

Jurnalis yang terus belajar, pesepakbola yang suka memberi umpan, dan pecinta alam yang berusaha alim.
Lihat Juga
Close
Back to top button